Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://ujian.sbmptn.or.id dengan tata cara sebagai berikut.

  1.    Calon peserta membayar biaya ujian melalui Loket/ATM/Internet Bangkink/SMS Bangking Bank Mandiri. Tata cara pembayaran biaya seleksi dikelompokan dalam 5 (lima) kategori sebagaimana dapat dilihat pada Tabel berikut (selengkapnya lihat lampiran 1 online):

Kategori

Ikut SNMPTN 2013

Calon peserta Pendaftar Bidikmisi

Lulus SNMPTN 2013

Biaya Seleksi

1

Tidak

Tidak

-

Bayar

2

Tidak

Ya

-

Tidak Bayar

3

Ya

Ya

Tidak

Tidak Bayar

4

Ya

Tidak

Ya/Tidak

Bayar

5

Ya

ya

ya

Bayar

  1. Calon peserta kategori 1, pada saat melakukan pembayaran harus memasukan tanggal lahir dengan format 2 (dua) digit tanggal, 2 (dua) digit bulan, dan 4 (empat) digit tahun (contoh: 01091995), sedangkan calon untuk peserta kategori 4 dan 5 harus memasukan KAP SNMPTN 2013.
  2. Calon peserta membayar biaya ujian sebesar Rp.175.00,00 untuk kelompok ujian saintek/soshum, atau Rp.200.000,00 untuk kelompok ujian campuran.
  3. Jika calon peserta memilih program studi yang mewajibkan ujian keterampilan maka calon peserta harus menentukan jumlah ujian keterampilan yang diikuti sebanyak-banyaknya 3 (tiga) jenis ujian keterampilan, baik untuk kelompok ujian saintek, soshum, maupun kelompok ujian campuran.
  4. Jika calon peserta mengikuti ujian keterampilan, maka harus membayar biaya ujian keterampilan sebesar Rp.150.000,00 untuk setiap jenis ujian keterampilan.
  5. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta kategori 1 akan menerima bukti pembayaran yang berisi: (a) Kode Akses Pembayaran (KAP) berupa angka sebanyak 12 digit, dan (b) PIN SBMPTN 2013 berupa angka sebanyak 16 digit. Sedangkan calon peserta kategori 4 atau 5 akan menerima PIN SBMPTN 2013 saja. KAP dan PIN SBMPTN 2013 ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan kepada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan KAP dan PIN SBMPTN 2013 sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.
  6. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://ujian.sbmptn.or.id. Dengan menyiapkan:

1)      KAP dan PIN SBMPTN 2013.

2)      File pasfoto berwarna, berpakaian resmi (bukan T-shirt), dan terbaru dengan wajah menghadap kedepan, ukuran 4 x 6 cm dengan resolusi sekurang-kurangnya 250 dpi atau 400 x 600 pixels dan ukuran file maksimum 100 KB dalam format JPG atau PNG.

  1. Calon peserta melakukan pengisian borang elektronik pendaftaran dengan tata cara sebagai berikut:

1)      Calon peserta harus memasukan KAP dan PIN SBMPTN 2013, serta mengisikan huruf-huruf pada kotak yang tersedia (CAPTCHA), kemudian menekan tombol login.

2)      Calon peserta mengisi borang elektronik pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Setelah proses pengisian borang selesai, akan muncul kartu tanda bukti

Pendaftaran.tata cara pengisian borangelektronikdapat dilihat pada lampiran 2 on line,sedangkan screenshotdari laman pendaftaran on line ada pada lampiran 3 on line

3)     calon peserta harus menyimpan filekartu tanda bukti pendaftaran dengan cara meletakkan kursor dibagian atas kartu tanda bukti pendaftaran,selanjutnya klik kanan dan pilih”save images as”atau “save picture as”.

4)     calon peserta mencetak kartu tanda bukti pendaftaran dengan menekan tombol cetak.

5)     calon peserta menandatangani kartu tanda bukti pendaftaran yang berlaku sebagai kartu tanda peserta SBMPTN  2013, apabila kartu tanda bukti pendaftaran tidak ditanda tangani maka dianggap tidak sah.kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa pada saat ujian tertulis dan ujian keterampilan.

Khusus calon pendaftaran bidikmisi                      

  1. Calon peserta pendaftran bidikmisi yang pernah mendaftar SNMPTN 2013 tetapi tidak lulus seleksi dapat mengikuti SNMPTN tanpa membayar biaya seleksi . pendaftaran on line dilakukan dengan menggunakan KAP dan PIN yang diperoleh dari bidikmisi –ditjen dikti.
  2. Calon peserta pendaftar bidikmisi yang pernah mendaftar SNMPTN 2013 dan dinyatakan tidak lulus seleksi, diperbolehkan mengikuti SNMPTN tetapi harus membayar biaya seleksi di bank mandiri  untuk memperoleh PIN SNMPTN 2013 dengan menggunakan KAP yang diperoleh dari bidikmisi –ditjen dikti dapat melakukan pendaftaran on line. Tata cara pembayaran biaya seleksi dapat dilihat pada lampiran 1 on line.